Minggu, 03 Juli 2011

pendidikan dan pengajaran

Beberapa Hal yang Perlu di Ketahui oleh Guru

 Posted: Juli 4 , 2011 by tithais violety in Uncategorized

Sebagai sosok pendidik dan pengajar, setiap guru dituntut ( bahkan wajib ) untuk melakukan kegiatan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.  Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya itulah, setiap guru harus betul-betul profesional. Oleh karena itulah guru sangat perlu untuk melakukan pengembangan keprofesionalannya.
Beberapa bentuk kegiatan pengembangan profesi guru, antara lain :
  1. Mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai bidangnya. Sebagaimana diamanatkan oleh UU Guru dan Dosen, setiap guru wajib menempuh jenjang pendidikan formal minimal D IV atau S 1. Guru-guru yang belum menempuh jenjang pendidikan yang dipersyaratkan, diharuskan untuk menempuhnya. Sementara guru-guru yang sudah menempuh jenajang pendidikan yang dipersyaratkan, diharapkan ( kalau tidak boleh disebut diwajibkan ) untuk mengembangkan keprofesionalan mereka melalui pelatihan-pelatihan yang di adakan pemerintah, maupun swasta. Prinsip : belajar seumur hidup harus menjadi motto utama seorang guru.
  2. Menangani proses pembelajaran. Proses pembelajaran di sekolah menjadi tanggungjawab guru dalam pelaksanaannya. Banyak yang mengatakan : guru sebagai penentu utama sukses tidaknya proses pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan ini, tugas utama guru adalah : merencanakan pembelajaran - melaksanakan pembelajaran- mengevaluasi pembelajaran dan memberikan umpan balik.
  3. Melakukan kegiatan pengembangan profesi. Kegiatan pengembangan profesi guru merupakan kegiatan guru dalam rangka penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ketrampilan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia pendidikan.
  4.  Selalu mengasah kemampuan emosional dan spiritualitasnya. Sebab bagaimanapun juga , selain sebagai seorang pengajar, guru juga merupakan sosok seorang pendidik.Mendidik berarti " merubah "  peserta didik menjadi lebih baik ( baik, dalam bahasa agama bisa berarti sholeh ). Seorang pendidik bisa melakukan perubahan itu manakala sang guru adalah sosok manusia yang baik ( yang sholeh ). Kesholehan merupakan buah dari kecerdasan emosional dan spiritual seseorang. Bertumpu dari hal itu , maka guru haruslah selalu mengasah emosi dan spiritualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar